Oleh: mohamad jusuf | April 19, 2013

Soal Latihan Prinsip-Prinsip Elektronik

Saya telah lama tidak mengisi Tulisan blog ini, berikut ini saya akan mengisi postingan ini soal-soal latihan Prinsip-Prinsip Elektronik oleh Malvino yang diterjemahkan oleh Hanapi Gunawan.Jika anda ada kesulitan mengerjakan soal latihan silahkan anda mencari buku tersebut di perpustakaan sekolah.Semoga soal-soal latihan ini bermanfaat untuk kegiatan proses belajar mengajar di SMK Program Studi Audio Video.

1.Introduksi.

Evaluasi Pribadi

Bacalah kalimat berikut dan isilah kata yang kosong .Jawaban-jawaban terdapat pada awal dari kalimat pertanyaan berikutnya.

1.Anda telah menggunakan beberapa kali idealisasi. Contoh yang baik adalah sepotong ………………Dalam banyak hal anda menganggapnya sebagai ……………sempurna.

2.(kawat , konduktor) .Sepotong kawat mempunyai ……………,induktansi, dan …………..Ini tersebar sepanjang kawat dan tidak ……………….

3.(resistansi, kapasitansi, bergumpal ). Pendekatan ………………… atau ………………… menghilangkan semuanya kecuali ide pokok dari piranti tersebut.

4.(ideal, tingkat pertama ) …………………….bocor dari resistor diabaikan jika reaktansi kapasitif sepuluh kali lebih besar daripada ………………….

5. (kapasitansi, resistansi ). Jika resistansi sangat rendah, ……………………..lebih penting daripada ……………………….bocor.

6. ( induktansi kawat, kapasitansi ). Di samping mempunyai induktansi, sepotong kawat membentuk ………………… dengan setiap logam didekatnya.Sebagai aturan umum, jagalah semua kawat penghubung se ………………… mungkin untuk rangkaian yang beroperasi di atas  100 KHz.

7. (kapasitansi , pendek ) . Kapasitor mempunyai induktansi kawat . Oleh sebab itu , mereka akan beresonansi sendiri pada frekuensi yang lebih ……………….

8.( tinggi ). Komponen-komponen elektronik kerap kali dipasang pada dasar logam yang disebut ………… Karena resistansinya yang rendah , ia memberikan jalan konduksi seperti sepotong kawat.

9. (casis ) .Teori Thevenin mengatakan bahwa rangkaian arus searah yang rumit ekivalen dengan  ……………… tunggal dan sebuah resistor. Untuk mendapatkan V TH , anda hitung atau ukur tegangan rangkaian terbuka. Untuk mendapatkan R TH , anda mengurangi semua sumber menjadi nol, dan hitung atau ukur resistansi antara A dan B.

10. ( baterai ). Mengurangi sumber tegangan menjadi nol adalah indentik dengan menghubung singkatkannya, tetapi mengurangi sumber arus menjadi nol adalah identik  dengan membukanya.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: